0

Tips dan Trik Pati

Posted by Unknown on 18.55
Hai teman teman, kali ini saya akan memberikan tips dan trik mengikuti PATI. Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu PATI.

PATI kepanjangan dari Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi. PATI adalah sebuah pelatihan yang diadakan oleh UMM dan wajib diikuti seluruh MABA yang berisi materi mengenai pengenalan teknologi internet yang memuat materi dasar teknologi. Dengan harapan dapat membantu MABA dalam mejelajahi dunia maya, terutama dalam mencari dan menggali informasi mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi,khususnya yang berkaitan dengan jurusan atau bidang yang ditekuni.



Materi dan yang dijelaskan dalam pelatihan PATI 2014/2015 antara lain pengenalan internet, browsing, search engine, e-mail, web blog, dan hotspot UMM, forum diskusi UMM, digilib (digital library) dan e-Learning.
Pelatihan ini berlangsung selama 6 hari. Selama 6 hari inilah MABA diwajibkan menyelesaikan seluruh materi pelatihan dan akan diberikan beberapa test evaluasi dan membuat blog.
Internet sebenarnya mengacu kepada istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Internet menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Setiap aplikasi berjalan diatas sebuah protokol tertentu. Istilah “protokol” di internet mengacu pada satu set aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan. Sedangkan software aplikasi yang berjalan diatas sebuah protokol disebut sebagai aplikasi client. Di bagian ini, kita akan berkenalan secara sepintas dengan aplikasi-aplikasi yang paling sering dimanfaatkan oleh pengguna internet.
Kita mendapat lebih banyak pengetahuan tentang apa saja fasilitas yang ada pada Internet, baik secara umum maupun layanan yang tersedia di Universitas Muhammadiyah Malang ini. Fasilitas-fasilitas yang tersedia di kampus UMM ini sangat banyak, di antaranya ada webmail, student blog, elmu dan lain-lain. Jadi banyak sekali manfaat yang kita dapat dari pelatihan ini. Di pelatihan aplikasi internet (Aplinet) saya banyak mendapatkan banyak pengetahuan. Terima kasih untuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang telah memberikan bimbingan aplikasi internet, sehingga saya lebih banyak tahu tentang Internet.


TIPS DAN TRIK

Tips dan trik mengikuti PATI dan Tutorialnya adalah :
  1. Jangan lupa membawa buku absen PATI.
  2. Bawalah buku PATI, pedoman mengikuti PATI.
  3. Agar tidak repot buatlah e-mail Google terlebih dahulu ( karena google paling diutamakan di pembelajaran ini.
Di setiap pertemuan kita akan diberi soal evaluasi yang dikerjakan di internet, di website kuliah-ppai.umm.ac.id. Di setiap evaluasi kita diberi 2 kali kesempatan menjawab, 1 kali kesempatan diberi waktu sekitar 30 menit, dan diberi soal sekitar 70 soal, ada 3 evaluasi yang harus kita kerjakan selama PATI. Saran saya saat mengerjakan soal evaluasi PATI adalah :
  1. Pastikan internet yang digunakan stabil, tidak lemot
  2. Laptop juga jangan sampai hang
  3. Siapkan kertas tulisan oret-oret
  4. Saat mengerjakan browsing jawaban di google tinggal copas soalnya
  5. Dan yang utama saat mengerjakan evaluasi di kesempatan pertama, pakailah free screen video recorder. Saat mengerjakan rekam jendela windows anda biar sebelum mengerjakan kesempatan evaluasi ke dua kita bisa koreksi terlebih dahulu.
Untuk mendownload software free screen video recorder bisa di klik disini

Sekian tips trik dan tutorial dari saya, semoga membantu bagi kalian para netizen

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 EvanSTARed All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.